Dialog Kesehatan

Jumat, 02 April 2010

Bismillahirrahmanirrahim;

Kini masyarakat sudah terlanjur disuguhi fakta bahwa bila suatu negeri, daerah, masyarakat ingin sehat maka pemerintah negeri tersebut harus membangun rumah sakit mewah dengan fasilitas lengkap Dan itulah yang sementara difahami oleh masyarakat sebagai jalan menuju sehat. Suguhan itu tentu saja memang mahal, bahkan sangat mahal. Kita cenderung melupakan  peribahasa yang telah lama melekat dalam diri masyarakat dan bangsa kita yang mengatakan ; "Kebersihan adalah pangkal kesehatan:".

Ungkapan ini memang sangat singkat, namun maknanya amat mendalam. Sebab kebersihan itu memang merupakan cara yang paling efisien dan efektif untuk tetap sehat. Dengan menggerakkan kembali budaya hidup bersih maka kita akan terhindar dari penyakit. Kebiasaan mencuci tangan, bahan atau peralatan makan lain dengan sabun sebelum makan kelihatannya sepele, namun hal ini mengajarkan kepada kita banyak hal tentang sehat. Begitu pula kebiasaan mencuci tangan sebelum memegang bayi, dst. 

Mengingat pentingnya kesehatan, maka keluarga Denpom V/3 menggelar dialog kesehatan yang bertempat di gedung Aula Persit Kartika Chandra Kirana Denpom V/3 Malang. Hal ini dilakukan untuk mengajak dan mengenal kesehatan kepada para prajurit Denpom V/3 beserta istri bahwa cara  hidup sehat sebenarnya amat murah dan sekaligus kegiatan ini mengajarkan kemandirian  para istri anggota Persit Kartika Chandra Kirana Anak Ranting Denpom V/3 Malang. 


Karena perlu dipahami bahwa pada era sekarang ini kesehatan sangat mahal dimana banyak  air bersih tidak mencukupi, kejadian busung lapar akibat kekurangan pangan, polusi, efek rumah kaca/pemanasan global, tanah longsor, banjir, konflik politik yang berakibat konflik sosial, wabah penyakit, dst. Ini musti melibatkan pemerintah dan lintas sector untuk mengatasinya. Yang ini pasti biayanya mahal. Sehat dengan biaya mahal sebetulnya tidak terlepas dari akumulasi kesehatan menata pembangunan kesehatan negeri. Upaya promotif dan preventif cenderung diabaikan. Hampir semua sumber daya dan dana diorientasikan ke upaya kuratif, membangun rumah sakit dengan biaya tinggi, yang seolah-olah dengan sengaja untuk menunggu rakyat sakit.

Oleh karenanya kegiatan ini bertujuan untuk ; 
1. Meningkatkan kesadaran anggota Persit Denpom V/3 tentang pentingnya upaya preventif  (pencegahan) sebagai jalan menuju sehat yang dapat diterapkan di keluarganya.
2. Meningkatkan kesadaran anggota Persit Denpom V/3 bahwa kesehatan itu adalah bagian dari budaya bangsa.
Setelah terlaksananya acara dialog kesehatan tersebut dilanjutkan dengan pemberian hadiah/ cenderamata bagi para anggota yang telah menerapkan hidup sehat di lingkungan Denpom V/3 Malang yang selanjutnya dilanjutnya dengan acara-acara hiburan.

Sebagai penutup diharapkan dengan adanya kegiatan dialog kesehatan ini, maka para anggota persit Kartika Chandra Kirana di lingkungan Denpom V/3 Malang memiliki wawasan yang cukup tentang kesehatan  terutama bagi keluarganya, sehingga akan lebih bijaksana dalam berbuat sebelum menyesal di kemudian hari. dan selalu berupaya preventif untuk senantiasa hidup sehat.

Wassalam 
Kartini Hadi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar